Sukses !

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta
Favorit School...
Jumat, 28 Februari 2014

Presentasi


Trik Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Presentasi dengan Power Posing


power-posing
Sikap tubuh (pose) mampu menggambarkan suasana hati serta merupakan cerminan kondisi mental yang negatif maupun positif. Sikap tubuh yang positif akan mampu mempengaruhi sikap mental kita menjadi positif. Demikian pula dengan sikap tubuh negatif dapat menjadikan sikap mental kita menjadi negatif.
Dengan mempelajari sikap-sikap tubuh yang positif, kemudian kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, maka hal ini akan membuat pikiran dan sikap mental kita terbawa menjadi positif pula.
Dengan pembawaan pikiran yang positif, maka sikap mental kita pun menjadi optimis dan membangkitkan rasa percaya diri. Bukan saja saat kita sedang di depan audiens presentasi namun juga akan mensugesti setiap langkah yang kita lakukan dalam kehidupan ini menjadi lebih baik.

Menggunakan Power Posing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dalam Presentasi

Dalam salah satu video di ted.com, Amy Cuddy seorang associated professor Harvard Business School di bidang penelitian sosial, menyampaikan salah satu trik yang sangat sederhana namun ilmiah untuk meningkatkan rasa percaya diri sekaligus menurunkan level stres atau gugup bagi mereka yang menghadapi situasi seperti presentasi.
Temuan dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa sikap tubuh kita saat berdiri maupun duduk dapat mengubah perasaan kita terhadap diri kita sendiri. Dan jika kita mempertahankan sikap tubuh (pose) yang spesifik sekitar 2 menit dengan sikap tubuh yang termasuk dalam High Power Posing, maka hal ini dapat secara dramatis menurunkan level stres atau gugup yang kita rasakan sembari pelan-pelan mengembalikan rasa percaya diri dan perasaan lebih berdaya (powerful) kita saat menghadapi situasi seperti presentasi.
Berikut beberapa sikap tubuh High Power Posing, yang menggambarkan seseorang sedang merasa berdaya/berkuasa (powerful) atau kepercayaan dirinya tinggi. Anda bisa mencoba praktekkan beberapa pose tersebut dan segera merasakan perubahan perasaan Anda. Menimbulkan rasa percaya diri yang lebih besar.
high-power-posing
Dan berikut beberapa sikap tubuh Low Power Posing, yang menggambarkan seseorang sedang merasa tidak berdaya (powerless) atau kepercayaan dirinya rendah. Pose seperti ini perlu Anda hindari atau ganti.
low-power-posing
Dalam penelitiannya Prof. Cuddy menyimpulkan bahwa dengan melakukan sikap tubuh (pose) High Power Posing selama beberapa menit sebelum menghadapi situasi seperti presentasi, tubuh kita akan mengalami perubahan hormonal dengan memompakan rasa percaya diri dan perasaan berdaya (powerful) sekaligus menurunkan hormon yang membuat kita merasa gugup, tidak percaya diri dan tidak berdaya (powerless).
Anda dapat menyaksikan dan menyimak paparan lebih lengkap Prof. Cuddy tersebut pada video presentasi dibawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

berbahagia

 
Toggle Footer